Mengenal selection mode pada Blender 3D

gambar untuk posting selection mode
Pada aplikasi Blender 3d modeling objek untuk sebuah karya memang sudah keharusan yang akan di lakukan, entah untuk membuat game, animasi, dan lain - lain.

pada saat memodeling objek itu tidak akan terlepas dari yang namanya Selection mode. ya ini adalah hal dasar yang harus dipahami untuk memodeling sebuah objek yang ada pada aplikasi blender 3d, dimana selection mode terdiri dari 3 tipe, yaitu Vertices/Vertex, Edges, dan Faces.

Dari pembahasan di atas, pada postingan saya kali ini saya akan membahas mengenal selection mode pada Blender 3D. mungkin sobat akan bertanya tanya, mengapa membahas dasar (padahal sudah lama vakum tak jelas :p). selain untuk tambahan referensi pada blog ini, itu juga dikarenakan untuk memodeling objek kita membutuhkan hal dasar yang seperti ini, agar nantinya dapat dengan mudah membuat atau memodeling objek.

oke kita mulai pembahasannya, pada selection mode memiliki 3 tipe, yaitu Vertices/Vertex, Edges, dan Faces. Pada tiap - tiap selection mode memliki cara pengeditan objek  yang berbeda - beda dan kemudahan pada setiap tipe selection mode jika memahaminya. Berikut 3 type selection mode dengan cara pengeditannya:

Vertices/Vertex:
gambar yang menunjukan vertex atau vertices

Vertices/vertex biasanya sudah secara default ada pada objek yang akan di edit, vertices memiliki cara pengeditan atau modeling objek menggunakan bagian sudut objek, atau titik sudut objek, yang biasanya disebut vertex. biasanya mode ini digunakan untuk mengedit bagian bagian yang sulit di lakukan pada selection mode yang lain, seperti pembuatan bentuk sudut, hingga pembuatan model secara detail.

Edges:

Edges merupakan selection mode yang menggunakan sisi garis atau ruas objek, untuk edit dan modeling objek, penggunaan selection mode ini biasanya digunakan untuk mempermudah editing atau modeling vertek secara bersamaan, agar terbentuk sisi yang sejajar, Seperti modeling gedung untuk membuat tiap sisi yang sejajar selection mode ini sangat membantu untuk pembuatannya.

Faces:

Faces merupakan selection mode yang menggunakan sisi datar atau biasa disebut face untuk editing dan modeling objek, penggunaan selection mode ini, biasanya digunakan untuk mempermudah editing atau modeling vertex dan edge secara bersamaan dalam waktu singkat, jadi akam menghemat waktu modeling jika digunakan untuk membuat suatu model yang vertek dan edgenya ingin dimodel secara bersamaan.

itulah tiga selection mode yang dapat mempermudah editing dan modeling objek, untuk penggunaan setiap selection mode bisa digunakan setelah berada pada edit mode, pada menu object interaction mode, setelah berubah ke edit mode maka selection mode akan muncul di bagian bawah jendela kerja blender.


atau bisa juga sobat menggunakan shortcut Ctrl+Tab, lalu akan muncul seperti gambar di bawah ini, dan bisa memilih mana selection mode yang di inginkan.

yup selesai untuk Mengenal selection mode pada Blender 3D, ok sampai disini dulu ya postingannya, trimakasih sudah berkunjung, sampai jumpa di postingan jussblender berikutnya, kalau ada yang ingin sobat tanyakan silakan koment di bawah ya.
Previous
Next Post »