Cara membuat objek smooth dan mengkilap dengan Blender 3D

Kembali lagi di JussBlender, wihh posting malem -malem jam satuan, eh udah pagi ya, yasudah lah biar saja mengisi waktu sebelum ngantuk. Yup pada kesempatan kali ini saya akan memposting mengenai cara smooth dan mengkilapkan objek di blender 3d, mengapa langsung dua, karna saat melakukan smooth ini objek juga otomatis langsung mengkilap. yup tanpa basa basi lebih panjang kita mulai saja tutorialnya.

ke kita mulai saja, dengan membukan aplikasi blender terlebih dahulu.

halaman kerja blender


oke setelah di buka buat objek hingga tipis seperti gambari di bawah ini.

rubah ukuran sumbu x

untuk memastikan saja, yang di ubah ukurannya pada gambar di atas, yaitu hanya sumbu X. oke lanjut, klik Num 3 pada keyboard, setelah itu Tab pada keyboard, lalu klik Smooth pada Tools - > Shading yang ada di kiri jendela blender, setelah itu maka tampilan objek akan seperti di bawah ini.

sebelum dan sesudah di smooth

jika sudah seperti gambar sesudah yang ada di atas, selanjutnya lihat panel yang ada di samping kanan, lalu kilik modifiers seperti di bawah ini.

letak modifiers

setelah memilih Modifiers, selanjutnya klik Add Modifiers, lalu klik Subdivision Surface, seperti gambar di bawah ini.

menambahkan modifiers sub division surface

jika sudah diklik selanjutnya setting bagian subdivison surface, isi pada view dan render dengan angka 2, seperti gambar di bawah ini.

mengedit subdivision pada modifiers subdivison surface

setelah di setting maka objek akan berubah menjadi lingkaran, untuk mengubahnya menjadi cube tipis, di lakukan dengan cara modeling, yaitu dengan menambahkan bagian Edge dengan cara Ctrl+R lalu Scroll mouse pada objek hingga menjadi dua dan klik kanan hingga menjadi seperti gambar di bawah ini.

edit untuk modeling objek

selanjutnya untuk merapihkannya lagi, gunakan S lalu Z dan geser mouse ke mana saja hingga menjadi seperti gambar di bawah ini.

edit dan modeling objek lanjut

setelah menjadi seperti gambar di atas, deselect seleksi dengan klik A pada keyboard, lalu lakukan modeling lagi seperti di atas pada sisi yang lainnya seperti gambar - gambar di bawah ini.

edit dan modeling lanjut dua
 
untuk bagian di atas merapihkannya menggunakan S dan Y (sesuai sumbu).

edit dan modeling lanjut akhir




untuk bagian di atas merapihkannya menggunakan S dan Y (sesuai sumbu).

setelah edit sana sini berikut adalah hasilnya.

hasil sebelum di render

dan berikut hasil render dari objek ini.

hasil setelah di render

bagaimana, smoothnya bagus bukan..? pastinya kan, ok selesai untuk  membuat objek smooth dan mengkilap dengan Blender 3D dengan teknik dasar, yup sampai disini dulu ya postingannya, trimakasih sudah berkunjung, sampai jumpa di postingan jussblender berikutnya, kalau ada yang ingin di tanyakan silakan koment di bawah ya..:) 

jika ada yang ingin mendownload hasil di atas silakan klik link download di bawah ini:
Previous
Next Post »