cara menyimpan format video di blender 3d

awal post save format video
Mungkin udah ada yang tahu cara bagaimana menyimpan atau save file dari software blender ini kedalam format Video, seperti yang saya baca dari webnya mas Dody(dodyanimation.com), disitu di jelaskan dalam 2 hal penyimpanan yaitu gambar dan video.

Namun kali ini saya ingin mempost artikel ini untuk lebih detail dikit dari mas Dody, ini di karenakan ada permintaan dari teman saya yang ingin mengetahuin cara penyimpanan file ke format video.

pertama buka file yang ingin di buat ke bentuk format video yang pastinya sudah di animasikan(bisa di bilang rigging atau di gerakan menggunakan beberapa frame, misalkan saya mengunakan file yang sudah saya buat bisa di download di sini(blktwist.blend).

tampilan sudut pandang camera di blender 3d

setelah di buka selanjutnya lihat pada bagian kanan jendela blender 3d, pilih bagian render seperti yang di tampilkan pada gambar di bawah ini:

pengaturan untuk render video
setelah memilih bagian render, scroll ke bawah untuk melihat bagian Dimension. pada bagian ini video bisa di sesuaikan sesuai kemauan sendiri untuk ukuran dan Fps animasi tersebut.

berikut adalah pengertian dan penggunaan untuk bagian Dimension.
-Render Presets untuk memilih ukuran layar saat di tampilkan. 
-Resolution: resolusi untuk ukuran video.
-Frame Range: panjangnya frame yang akan di format video
-Frame Rate: untuk fps yang akan di gunakan.

pada kali ini coba untuk mensetting seperti gambar di bawa ini:

setting untuk mengatur perekaman video

setelah setting pada bagian DImension selanjutnya megatur tempat penyimpanan video, scroll lagi pada bagian render hingga ketemu tulisan Output, pilih dimana tempat penyimpanan dan pilih format video seperti pada gambar di bawah.

pengaturan folder penyimpanan

 jika sudah di setting maka selanjutnya melakukan penyimpanan dari bentuk file Video. scroll ke atas lalu klik tombol animation.
tombol untuk memulai render animasi

selanjutnya tunggu beberapa saat untuk merender file, setelah cek folder yang di gunakan untuk output, kemudian file video yang akan langsung terbuat di folder yang sudah di buat sebelumnya seperti pada gambar di bawah ini 

file yang tersimpan hasil render video


oke sampai di situ cara untuk menyimpan format video di blender 3d, jika ada yang belum di mengerti di tunggu komentarnya di bawah ya.

Trimakasih sudah berkunjung, sampai jumpa di postingan berikutnya...

referensi: Dodyanimations
Previous
Next Post »

1 comments:

Write comments
July 2, 2019 at 3:42 AM delete

Selepas itu tunggu aja ya min? Kok aku cek di file ga ada tuh videonya

Reply
avatar