Mengenal selection tools pada Blender 3D

logo posting tentang selection tools pada blender 3D
Lanjutan dari posting sebelumnya mengenai Mengenal selection mode pada Blender 3D, pada kali ini saya akan memposting tentang selection tools, apa itu selection tools dan apakah ini berguna untuk di pelajari?.

mungkin ada pertanyaan seperti itu dari sobat, jadi saya akan jawabannya YA. Mengapa saya mengatakan ya, ini di karenakan Selection Tools sangat berguna untuk memberi kita kemudahan dalam modeling objek.

setiap tools yang ada pada selection tools sangat berguna, karna setiap tools berbeda fungsi. pada postingan ini saya akan membahas 3 selection tools yang biasanya di gunakan untuk modeling objek, yaitu basic atau default selection tools, Border, dan Circle. Ketiga selection tool ini memiliki kegunaannya masing-masing, yaitu:

1. Basic
selection tools basic blender 3D

Selection Tools ini secara default berada pada Blender3D, digunakan untuk memilih salah satu edge, vertex atau face pada objek. selection tools ini sangat efektif untuk menyeleksi sesuatu yang sangat kecil, misal vertex yang tersembunyi atau kita salah edit dan berada di dalam objek.

2. Border
selection tools border blender 3D

walau selection tool ini tidak secara default berada di blender 3d, namun penggunaannya sangat mudah, yaitu sobat hanya dengan mengklik huruf B pada keyboard, lalu klik kanan dan pilih beberapa vertex, edge, atau face yang di inginkan di edit. kegunaannya untuk membentuk beberapa bagian secara bersamaan, atau texturing objek, penggunaan border ini bisa membuat kita lebih hemat waktu dalam modeling atau texturing.

3. Cricle
 
selection tools circle blender 3D

mungkin kalau di lihat kegunaanya tidak jauh dengan Border, namun Circle itu memiliki kelebihan tersendiri lho. Penggunaan Selection Tools ini yaitu dengan klik C pada keyboard, lalu sobat klik kanan untuk memilih edge, vertex atau face yang diinginkan, cara memilihnya sama dengan Basic, klik klik saja, untuk mengembalikannya klik kiri. 

Namun kelebihanya adalah ukuran Circle atau lingkarannya itu dapat di rubah dengan menggunakan scroll pada mouse. satu lagi klik edge, vertex atau face nya juga dapat di drag lho, tentu saja ini akan menghemat waktu untuk modeling objek.

yup selesai untuk Mengenal selection tools pada Blender 3D, ok sampai disini dulu ya sobat, trimakasih sudah berkunjung, sampai jumpa di postingan jussblender berikutnya, kalau ada yang ingin sobat tanyakan silakan koment di bawah ya.
Previous
Next Post »