Cara texturing objek smooth pada cycles render dengan node di Blender 3d

logo texturing smooth cycle render
Hi sobat, jussblender balik posting lagi nih, kali ini saya memposting texturing untuk objek smooth pada cycle render, untuk menampilkan tampilan yang akan terlihat seperti detail.

Persiapan
oke sebelumnya pada tutorial kali ini saya hanya akan menjelaskan cara texturing pada cycle render jadi untuk pembuatan objeknya bisa dilihat pada link di bawah ini.


atau jika sobat ingin langsung mencoba tutorial ini, dan sobat belum memiliki objek smoothnya, sobat bisa di download pada link di bawah ini.


dan jangan lupa texturnya dipersiapkan ya sob, pada tutorial kali ini saya menggunakan texture dari web austroair.at atau bisa didownload di bawah ini.


Memulai Tutorial
jika semua bahan sudah dipersiapkan, kita lanjut pada tahap tutorialnya, pertama - tama sobat buka file Cube tipis smoothnya, objek yang sobat download di persiapan di atas. setelah tampil objek cube tipisnya  selanjutnya sobat tambahkan texture, seperti pada tutorial sebelumnya [Cara texturing objek pada blender 3d teknik mudah], jika sudah, sobat bisa ubah engine rendernya menjadi cycle render.

setelah diubah engine rendernya, tampilan jendela blender nampak tidak ada yang berubah, tetapi tools - tools nya banyak yang berubah. setelah di ubah, sobat lakukan split jendela kerja menjadi dua bagian, bagian kanan dan bagian kiri. Dengan cara klik kanan pada sisi tepi di atas, lalu pilih Split Area, seperti gambar di bawah ini.

cara split area di blender 3D

jika sobat sudah split area maka tampilan jendela kerja akan menjadi dua bagian, bagian kanan dan bagian kiri. Setelah menjadi seperti menjadi dua bagian, selanjutnya sobat ubah bagian kanan menjadi bagian node editor, caranya seperti gambar di bawah ini.

cara mengubah ke node editor

setelah merubah menjadi node editor, sobat check Use node untuk menapilkan node objek cube, dan mengaktifkan penggunaan node, seperti gambr di bawah ini.

mencentang use node, agar dapat di gunakan

selanjutnya setelah tampil seperti gambar di atas, sobat tambahkan beberapa node, untuk ditambahkan ke objek, node yang di tambahkan adalah sebagai berikut.

1. Mix shader:
    cara menambahkannya sobat bisa dengan klik Add -> Shader -> Mix shader.
    atau dengan shortcut Shift + A -> Shader  -> Mix shader

2. Glosy BSDF:
    cara menambahkannya sobat bisa dengan klik Add -> Shader -> Glossy BSDF.
    atau dengan shortcut Shift + A -> Shader  -> Glossy BSDF.

3. Image Texture:
    cara menambahkannya sobat bisa dengan klik Add -> Texture -> Image Texture.
    atau dengan shortcut Shift + A -> Texture -> Image Texture.
   Namun setelah di tambahkan image texture, harus di tambahkan lagi, yaitu image untuk texturenya,
   caranya:
         sobat klik Open pada node image texture dan pilih gambar texture yang akan di gunakan.

4. Image texture:
    sobat tambahkan lagi image texture nodenya untuk penggunaan normal map node, namun jangan tambahkan gambar pada node image texture yang ke dua ini, hanya di ubah pada bagian color di klik lalu ubah menjadi non color data.

setelah keempat node di atas di tambahkan, selanjutnya menghubungkannya node - node itu dengan sumbu, cukup klik kanan pada titik node lalu drag dan arahkan pada titik node yang lainnya. hingga menjadi seperti gambar seperti di bawah ini.

node node yang terhubung

dan terakhir, sobat putar objeknya agar terlihat bagian texturenya, maka jika berhasil, akan tampil seperti berikut ini.

hasil dari tutorial objek smooth

bagaimana bentuknya seperti material besi, dan muirip permen kunyah kan sob..:)

yup selesai untuk texturing objek smooth pada cycles render dengan node di Blender 3d, ok sampai disini dulu ya sob postingannya, trimakasih sudah berkunjung, sampai jumpa di postingan jussblender berikutnya, kalau ada yang ingin sobat tanyakan, silakan koment di bawah ya.

untuk yang ingin mendownload hasil akhir dari post ini bisa di download di bawah ini ya:
Download cube tipis fin.blend
Previous
Next Post »