Cara menggabungkan dan memisahkan objek di blender 3D

post tentang menggabungkan dan memisahkan

Kembali lagi di jussblender, setelah sekian lama tidak post sekarang akhirnya saya post juga, maklum banyak tugas, oke langsung ke topik saja. Kali ini saya akan membahas mengenai cara penggabungan dan memisahkan objek pada blender, di mana penggabungan ini dimaksudkan untuk menggabungkan dua objek menjadi satu dan memisahkan objek yang sebelumnya sudah digabung, atau sebuah objek yang ingin dipisah menjadi dua.

oke kita mulai saja, dengan membukan aplikasi blender terlebih dahulu.

halaman kerja blender

A. Menggabungkan
pada hal pertama saya akan menjelaskan cara penggabungan. sebelumnya lihat ada objek cube di jendela blender, kita tambahkan objek lainnya, seperti Cylinder, dengan cara shortcut, Shift+A pilih Mesh lalu Cylinder, maka akan tampil seperti gambar di bawah.

menambahkan objek baru untuk di gabung dan dipisah

jika sudah seperti gambar diatas geser sedikit  ke arah mana saja, agar terlihat bagian objek Cylinder, seperti gambar di bawah ini.

menyeleksi objek untuk di gabung

setelah sudah lakukan langkah ini, Shift+klik kanan (pada objek cube). ini digunakan untuk menseleksi bagian yang akan digabungkan, sehingga terlihat seperti gambar di bawah ini, objek cube  dan cylinder aktif pada seleksi.

menyeleksi kedua objek untuk digabung

jika sudah aktif keduanya selanjutnya lakukan Ctrl+J pada keyboard, setelah itu maka objek akan bergabung menjadi satu objek, seperti gambar di bawah ini seleksi mejadi sebuah objek.

objek berhasil digabung

sampai sini pembahasan untuk penggabungan objek telah selesai selanjutnya masuk ke pembahasan memisahkan objek.

B. Memisahkan Objek
setelah melakukan penggabungan biasanya ada yang kurang atau ada yang mau diedit sebelum digabung, maka biasanya objek tersebut yang sudah digabung ingin dipisah kembali, untuk itu saya akan menjelaskan cara pemisahannya.

sebelumnya objek yang sudah digabung akan digunakan untuk cara memisahkan objek, pertama tama ubah mode menjadi edit mode dengan klik Tab pada keyboard, lalu ubah tampilan menjadi Wireframe dengan cara E pada keyboard, sehingga menjadi seperti gambar di bawah ini.

memisahkan objek yang digabung



setelah tampil seperti gambar di atas, seleksi bagian cube agar mudah dipisahkan, seleksi hingga menjadi seperti gambar di bawah ini.

menyeleksi objek cube untuk dipisah

jika sudah diseleksi selanjutnya pindahkan objek cube ke tempat yang berbeda agar mudah dipisahkan, lihat seperti gambar di bawah ini.



memindahkan objek cube untuk dipisah

setelah di pisahkan bagian cube dan cylinder selanjutnya melakukan pemisahan dengan cara klik P pada keyboard lalu pilih Selection, setelah dipilih maka akan tampil seperti gambar di bawah ini.

memisahakn objek dengan selection pada sparate

jika sudah seperti gambar di atas selanjutnya adalah mengembalikannya ke semula, dengan cara klik Tab lalu Z pada keyboard, maka objek telah terpisah, namun inti objek masih belum ada di tengah objek cube, seperti pada gambar di bawah ini.

titik objek cube tidak di tengah

jika seperti pada gambar di atas selanjutnya kita ke bagian samping kiri dari jendela blender, bagian Tools lalu pilih set Origin seperti pada gambar di bawah ini.

mengubah titik cube menjadi di tengah kembali

setelah menset origin maka titik objek akan balik ke tenganh objek seperti gambar di bawah ini, walau objek maju tapi objek sudah terpisah.

objek berhasil terpisah

yup selesai untuk menggabungkan dan memisahkan objek di blender 3D dengan teknik dasar, ok sampai disini dulu ya postingannya, trimakasih sudah berkunjung, sampai jumpa di postingan jussblender berikutnya, kalau ada yang ingin di tanyakan silakan koment di bawah ya..:)
Previous
Next Post »

1 comments:

Write comments
Tomy lasandy
AUTHOR
November 24, 2019 at 7:56 AM delete

kalo udah dipisah,gimana caranya jadiin biar tiap bagiannya menjadi file png mas?

Reply
avatar