Cara Loop Cut and Slide pada Blender 3D [Teknik Dasar]


Kembali lagi Juss Blender posting, lama juga ya updatenya, maaf banyak yang harus di kerjakan jad ya begini hehe. Oke pada posting kali ini saya akan memposting tutorial mengenai Loop Cut and Slide pada Blender.

Loop Cut and Slide merupakan tools untuk teknik dasar dimana tools ini digunakan untuk membagi sebuah objek, atau bisa dibilang menambahkan Edge secara otomatis pada objek dengan menyeluruh dan bisa diperbanyak dengan scroll pada mouse.

 oke tanpa panjang lebar penjelasannya, kita mulai tutorialnya agar lebih mengerti.

Pertama buka terlebih dahulu aplikasi blendernya, setelah dibuka klik Tab untuk pindah ke bagian edit objek, lalu klik A pada keyboard untuk menonaktifkan pilihan.


selanjutnya kita lihat pada bagian kiri pada jendela blender, Pilih Bagian Tools lalu scroll ke bawah hingga terlihat tulisan Loop Cut and Slide, klik tombol tersebut atau bisa dengan shortcut Ctrl+R seperti pada gambar di bawah ini.



setelah itu arahkan pointer mouse ke objek, maka akan tampil garis berwarna ungu seperti pada gambar di bawah ini.
 

pilih bagian yang akan di bagi, bisa secara vertikal atau horizontal, setelah di pilih klik kanan pada mouse untuk memindahkan garis potongan, lalu klik kiri untuk menetapkan garis  hingga tampil seperti berikut.



sampai di sini cut and slide sudah selesai, namun masih ada loopnya. bagaimana cara loop pada cut and slide..?, begini lah caranya. setelah klik tombol Loop cut and slide, atau Ctrl+R, lalu arahkan pointer ke objek, lakukan scroll pada mouse maka bagian yang di cut and slide akan bertambah seperti di bawah ini.


selesai untuk Loop Cut and Slide dengan teknik dasar, ok sampai disini dulu ya postingannya, trimakasih sudah berkunjung, sampai jumpa di postingan jussblender berikutnya, kalau ada yang ingin di tanyakan silakan koment di bawah ya..:)
Previous
Next Post »