Cara membuat sinar cahaya lampu sorot pada blender 3D

logo post cahaya lampu sorot
Hai sobat, jussblender kembali lagi nih. kali ini jussblender akan memposting mengenai lightning atau pencahayaan pada blender 3d, khususnya cahaya pada lampu sorot.

kalau lampu sorot biasanya ada semacam cahaya yang berbentuk mirip kerucut kan sob, nah efek sinar itu yang akan dibuat.

  • Persiapan
pertama persiapkan terlebih dahulu objek yang di inginkan ada efek lampu sorotnya. misalkan senter, lampu jalan, lampu mobil dan lai - lain. atau sobat bisa menggunakan objek yang sudah jussblender sediakan bisa di download senternya. jika sudah di download atau suda ada objeknya buka menggunakan aplikasi Blender 3D.

  • Memulai Tutorial 
Jika sudah dipersiapkan objeknya bisa sobat lanjutkan untuk memulai tutorialnya, dimulai dengan menambahkan Lamp tipe Spot dengan cara Shift + A -> pilih Lamp -> Pilih Spot.jika sudah, selanjutnya sobat ubah arah dari lamp spotnya, dari sebelumnya pada posisi default, menjadi seperti gambar di bawah ini:

arah lampu sesudah di rubah

setelah merubah arah lampu sorot, selanjutnya sobat pilih Object Data( yang berbentuk mirip senter) pada bagian panel yang ada di kanan, scroll ke bawah dan centang Halo, dan isi 0.7 pada Blend di bagian Spot Shape. Jika sudah coba lakukan rendering dengan menekan F12 pada keyboard, jika hasilnya seperti di bawah ini maka telah berhasil efek lampu sorot telah berhasil di buat.

hasil efek lampu sorot

hasil dari tutorial ini bisa di download di bawah ini:
Download disini file latihan efek lampu sorot.


yup selesai membuat sinar cahaya lampu sorot pada blender 3D [Teknik dasar], ok sampai disini dulu ya sobat, trimakasih sudah berkunjung, sampai jumpa di postingan jussblender berikutnya, kalau ada yang ingin di tanyakan silakan sobat koment di bawah ya.
Previous
Next Post »