Cara membuat cermin di blender 3D

logo posting membuat cermin di blender 3D
Hi sobat Jussblender kembali lagi posting, pada kali ini Jussblender akan memposting cara membuat objek cermin pada blender 3D. Tentunya cara ini mudah untuk di pelajari.

Dengan menggunakan setiap objek yang di inginkan, atau "beberapa bagian objek saja yang diinginkan" di gunakan untuk di jadikan cermin, dengan kata - kata yang saya tebalkan itu pastinya sudah ada yang mengerti kan? hehe, jika belum ini menggunakan bagian material, yang ada di panel sebelah kanan dari jendela Blender 3D. Oke lanjut ke cara pembuatannya di bawah ini:

pertama kita buka dahulu aplikasi Blender 3D, lalu tentukan objek yang ingin di gunakan menjadi cermin, pada tutorial ini saya menggunakan objek cube untuk di jadikan cermin, sobat bisa menggunakan objek apapun yang sobat inginkan. setelah memilih objek yang diinginkan, sobat bisa melihat panel bagian kanan, pilih material seperti pada gambar di bawah ini.


selanjutnya pastikan material sudah ada, jika belum sobat bisa tambah baru material dengan klik "+" material baru, di bagian kanan. Jika sudah, scroll ke bawah lalu lihat bagian Mirror, centang (v) pada bagian mirror dan sobat bisa mengaturnya seperti gambar di bawah ini.


setelah sobat melakukan setting seperti di atas, selanjutnya tempatkan beberapa objek seperti lampu, cube, plane dan lain - lain untuk mengetes apakah objek akan terpantul seperti cermin atau tidak. jika sudah sobat bisa melakukan rendering dengan F12 untuk mengetes objek cermin, jika berhasil maka akan tampil cermin seperti gambar di bawah ini.


Jika sobat masih belum paham, sobat bisa melihat video di bawah ini:


yup sampai disini, membuat cermin di blender 3D telah selesai. ok sobat sampai disini dulu ya postingannya, trimakasih sudah berkunjung, sampai jumpa di postingan jussblender berikutnya, kalau ada yang sobat ingin tanyakan silakan koment di bawah ya.

Previous
Next Post »