Cara Texturing objek pada Blender 3D [Teknik Dasar]

gambar awal texturing pada blender


Hi semuanya ketemu lagi nih di JussBlender sudah sekian lama ga posting akhirnya bisa posting lagi, oke kita mulai saja pada posting kali ini JussBlender mau memberikan  tutorial dasar Texturing.

mungkin bisa di bilang hanya sederhana, maklum JussBlender juga kan masih pemula di blender hehe..:)


oke kita mulai saja, pertama buka dulu aplikasi blender sobat, setelah di bukan kan ada objek kubus, atau kotak nah untuk tutorial kali ini kita coba dengan objek yang seadanya dulu aja ya..:)
masuk ke halaman kerja blender 3d untuk memulai texturing

Setelah tampil seperti di atas sobat klik kanan pada objek kubus itu lalu pencet Tab pada keyboard, hingga tampilan seperti di bawah ini.

pengubahan objek ke edit mode


Setelah edit mode seperti di atas selanjutnya kita tambahkan texture,  gunakan image apa saja untuk di gunakan sebagai texture. selanjutnya kita lihat bagian kanan, bagian properties scroll saja lalu pilih material.

untuk menambahkan dan mengedit material

setelah di klik maka akan tampil bagian dari properties material, selanjutnya klik tanda "+" pada bagian matrial lalu klik New.

tahap-tahap penambahan material

Jika sudah melakukan seperti di atas selanjutnya klik texture yang ada di sampingnya lalu klik New yang ada di bawah.

tahap tahap penambahan texture
selanjutnya pilih image yang ingin dijadikan texture, pada tutorial ini saya menggunakan texture bata yang saya ambil di sini (Link), jika suda disiapkan untuk di jadikan texture selanjutnya klik  Open  seperti gambar di bawah ini.
tahap penambahan image texture
lalu cari gambar yang ingin di jadikan texture, setelah itu klik Open Image. Jangan lupa untuk Pack an Image  untuk menyatukan agar image texture menjadi satu dengan objek.

pemaketan image ke dalam objek

 Setelah Pack an Image, kembali lagi ke ke bagian texturing lalu Klik Assign.

penerapan material texture pada objek

setelah itu pindah ke UV editing, dengan cara seperti gambar di bawah ini.

pindah ke halaman kerja UV editing


 Berikut adalah tampilan halaman kerja UV editing blender 3d.

halaman kerja UV editing untuk unwrap

setelah tampil jendela UV editing selanjutnya Unwrap objek dengan Cara klik Mesh -> UV unwrap -> Smart UV Project lalu Ok, atau bisa dengan arahkan mouse pointer ke objek 3D, lalu klik U pada keyboard lalu pilih Unwrap hasilnya akan seperti berikut.

Unerap object untuk menerapkan texture
selanjutnya memasukan file image texture, arahkan pointer mouse ke image browser yang ada di kiri bawah lalu pilih image yang tersedia, seperti gambar di bawah ini.

penerapan image texture


setelah memasukan image texture, selanjutnya langsung di coba untuk rendering dengan cara klik Render -> Rendering Image, atau bisa dengan Klik F12 pada keyboard, maka akan tampil hasil renderingnya seperti berikut.


hasil dari rendering

untuk yang kurang jelas silakantonton video di bawah ini.



selesai untuk Texturing objek pada Blender 3D dengan Teknik Dasar, ok sampai disini dulu ya postingannya, trimakasih sudah berkunjung, sampai jumpa di postingan jussblender berikutnya, kalau ada yang ingin di tanyakan silakan koment di bawah ya..:) 
Previous
Next Post »