Cara Mirror pada blender 3D [Teknik Dasar]

posting tentang mirror
Kembali lagi di Jussblender, pagi pagi gini posting blog, maklum sering ga bisa tidur pas mau sahur. oke kta ketopik pembahasan, kali ini saya akan posting tutorial tentang Mirror pada blender 3D.

sebelum masuk tutorial kita bahas dulu apa itu mirror dan bagaimana cara kerjanya..? yup mungkin seperti yang kalian bayangkan mirror seperti kaca yang memantulkan bayangan, cara kerjanya juga sama seperti kaca.

namun pada blender 3D mirror digunakan untuk mempermudah pemodelan atau editing objek yang dapat membuat objek bagian asli mengikuti objek bagian yang di mirrorkan.


oke pembahasan mengenai mirror sedikit saja sampai di situ, lanjut masuk ke tutorial cara penggunaan miror pada blender 3D.

pertama buka terlebih dahulu Aplikasi Blender 3D, lalu masuk ke edit mode dan pindah ke tampilan Right Ortho dengan klik Num 3 pada keyboard.

masuk ke edit mode


setelah masuk ke bagian edit mode  dan tampilan Right ortho, klik dan A pada keyboard untuk menampilkan tampilan Wireframe, lalu melanjutkan dengan Cut and slide bagian objek, dengan Ctrl + R dan tempatkan di tengah.

tembus pandang objek dan pemotongan object

selanjutnya hilangkan bagian yang ada di kanan dengan cara klik A terlebih dahulu untuk menghilangkan pilihan, lalu pada keyboard dan block bagian yang kanan.
 
pemilihan bagian object dan pemotongan
 
setelah itu hilangkan bagian dengan klik Delete pada keyboard lalu pilih Vertices. maka akan tampil seperti berikut.

bagian yang di delete

 setelah itu  lihat ke bagian panel Modifiers.

untuk menambahkan modifiers baru

setelah masuk panel modifiers klik add modifiers lalu pilih mirror.

menambahkan modifiers mirror

setelah memilih mirror pilih axisnya menjadi Y untuk menampilkan bagian mirror.

axis di pilih jadi Y

jika sudah dipilih maka akan tampil bagian object yang telah di mirror seperti gambar di bawah ini.


bagian mirror pada object akan tampil

setelah ini pindah ke mode Solid dengan klik A pada keyboard dan edit objek maka bagian miror akan mengikuti seperti gambar di bawah ini.

edit object maka miror mengikuti

selesai untuk Mirror pada blender 3D dengan teknik dasar, ok sampai disini dulu ya postingannya, trimakasih sudah berkunjung, sampai jumpa di postingan jussblender berikutnya, kalau ada yang ingin di tanyakan silakan koment di bawah ya..:)
Previous
Next Post »