hi semua saya penulis dari blog ini, nama saya Fatih. Perkenalannya nanti saja ya di poting blog tentang saya. Ok pada kesempatan pertama ini saya akan menjelaskan tutorial modeling Logo Blender di aplikasi powerfull gratis dan serba guna ini untuk urusan membuat modeling, animasi dan game.
Sebelum saya menjelaskan bagaimana tutorialnya, sebaiknya sobat download aplikasinya disini [Download Blender 3D], dan tutorial installasinya disini [Tutorial Installasi Blender 3D(commingsoon)].
Jika sudah memiliki dan meninstall aplikasinya. sobat bisa langsung ke tahap ini, sobat bisa langsung membuka aplikasinya dengan klik 2x logo Blender 3D di desktop maka akan tampil tampilan jendela dari Blender 3D seperti di bawah ini.
Pada tampilan gambar di atas mungkin sobat yang baru download merasa sangat beda ya, tetapi jika di liat bagian dalamnya maka akan terlihat sama, setidaknya dari versi yang saya gunakan versi 2.71 sampai versi 2.74. nah jika sekarang ada versi terbaru yaitu versi 2.75, mungkin yang baru mendownload akan memmilih versi ini, jangan hawatir jika kalian ingin belajar pasti bisa, bisa tanyakan kepada saya yang sobat tidak mengerti. melalui coment di blog atau via messege sosial media.
Yup sekarang kita lanjut pembahasannya, yang pertama-tama yang di perlukan dari modeling objek di blender yaitu gambar atau image, gambar yang dalam bentuk file JPEG atau sebagainya. Memang memmodeling objek bisa juga tidak menggunakan gambar, akan tetapi akan mempersulit untuk memodeling objek. karna kita harus membayangkan setiap posisinya. Oke untuk gambar sudah saya sediakan di bawah ini:
setelah di download gambar di atas selanjutnya sobat ke aplikasi Blender 3d. Nah setelah kembali ke tampilan jendela Blender 3D sobat klik View yang ada di bagian kiri bawah, klik lalu pilih Top atau langsung bisa tekan pada numpad 7 seperti pada gambar di bawah ini.
Setelah selesai di pilih maka jendela pada blender 3d akan tampil seperti di bawah ini, ketika sudah tampil seperti gambar di bawah selanjutnya sobat menginput file gambar yang sudah sobat ambil dia atas, caranya dengan klik tanda + di bagian kanan atas dari jendela blender tersebut.
Setelah di klik scroll ke bawah hingga menemukan tulisan Background Image, klik add Image, maka akan tampil untuk menginput gambar.
Setelah tampil seperti di atas selanjutnya sobat klik Open, dan mencari image yang sebelumnya sudah sobat download. Jika sudah ketemu klik imagenya, selanjutnya klik Open. Maka gambar akan tampil seperti di bawah ini.
Oke gambar sudah tampil, selanjutnya sobat bisa mulai modeling mengikut gambar, karna jika mengikuti gambar, maka hasil modeling akan sama persis bentuknya dengan gambar. Pada saat modeling yang sobat lakukan adalah klik kanan pada objek cube, selanjutnya tekan Delete pada keyboard dan klik kiri delete.
Pada saat itu objek cube akan menghilang, sobat pada pembuatan logo blender ini memang tidak membutuhkan objek cube dikarenakan objek cube sulit untuk di jadikan linkaran. Maka sobat akan menggunakan objek tabung untuk mempermudah modeling caranya dengan tekan Shift + A pada keyboard lalu pilih Mesh selanjutnya klik kanan Cylinder(lihat pada gambar di bawah ini).
Setelah di klik maka akan tampil seperti di bawah ini.
Objek sudah berbentuk seperti lingkaran karna ini berbentuk tabung di lihat dari bagian atas, untuk memperpendek tingginya maka kita split tampilan objek blendernya. Sebelumnya untuk memperluas tampilannya sobat perbesar dulu dengan menutup bagian yang menampilkan background image dengan cara tekan T dan N pada keyboard, Selanjutnya untuk membelah tampilan dengan cara klik kanan pada garis tepi di bagian atas lalu pilih split (lihat pada gambar di bawah ini).
Jika sudah maka akan tampil seperti gambar di bawah ini.
Oke untuk sekarang tutorialnya sampa sini dahulu ya sob, untuk selanjutnya akan saya update pada esok hari pada bagian ke 2 maka kunjungi selalu jussblender.blogspot.com, jika ada kesusahan atau ada yang perlu di tanyakan silakan coment di bawah ya sob, karna saya menunggu comentnya hihihi...oke sampai jumpa besok..:)
Tutorial modeling Logo Blender di Blender 3D Level Mudah bagian 2
Sebelum saya menjelaskan bagaimana tutorialnya, sebaiknya sobat download aplikasinya disini [Download Blender 3D], dan tutorial installasinya disini [Tutorial Installasi Blender 3D(commingsoon)].
Jika sudah memiliki dan meninstall aplikasinya. sobat bisa langsung ke tahap ini, sobat bisa langsung membuka aplikasinya dengan klik 2x logo Blender 3D di desktop maka akan tampil tampilan jendela dari Blender 3D seperti di bawah ini.
Pada tampilan gambar di atas mungkin sobat yang baru download merasa sangat beda ya, tetapi jika di liat bagian dalamnya maka akan terlihat sama, setidaknya dari versi yang saya gunakan versi 2.71 sampai versi 2.74. nah jika sekarang ada versi terbaru yaitu versi 2.75, mungkin yang baru mendownload akan memmilih versi ini, jangan hawatir jika kalian ingin belajar pasti bisa, bisa tanyakan kepada saya yang sobat tidak mengerti. melalui coment di blog atau via messege sosial media.
Yup sekarang kita lanjut pembahasannya, yang pertama-tama yang di perlukan dari modeling objek di blender yaitu gambar atau image, gambar yang dalam bentuk file JPEG atau sebagainya. Memang memmodeling objek bisa juga tidak menggunakan gambar, akan tetapi akan mempersulit untuk memodeling objek. karna kita harus membayangkan setiap posisinya. Oke untuk gambar sudah saya sediakan di bawah ini:
gambar diambil dari blender.org
Setelah selesai di pilih maka jendela pada blender 3d akan tampil seperti di bawah ini, ketika sudah tampil seperti gambar di bawah selanjutnya sobat menginput file gambar yang sudah sobat ambil dia atas, caranya dengan klik tanda + di bagian kanan atas dari jendela blender tersebut.
Setelah di klik scroll ke bawah hingga menemukan tulisan Background Image, klik add Image, maka akan tampil untuk menginput gambar.
Setelah tampil seperti di atas selanjutnya sobat klik Open, dan mencari image yang sebelumnya sudah sobat download. Jika sudah ketemu klik imagenya, selanjutnya klik Open. Maka gambar akan tampil seperti di bawah ini.
Oke gambar sudah tampil, selanjutnya sobat bisa mulai modeling mengikut gambar, karna jika mengikuti gambar, maka hasil modeling akan sama persis bentuknya dengan gambar. Pada saat modeling yang sobat lakukan adalah klik kanan pada objek cube, selanjutnya tekan Delete pada keyboard dan klik kiri delete.
Pada saat itu objek cube akan menghilang, sobat pada pembuatan logo blender ini memang tidak membutuhkan objek cube dikarenakan objek cube sulit untuk di jadikan linkaran. Maka sobat akan menggunakan objek tabung untuk mempermudah modeling caranya dengan tekan Shift + A pada keyboard lalu pilih Mesh selanjutnya klik kanan Cylinder(lihat pada gambar di bawah ini).
Setelah di klik maka akan tampil seperti di bawah ini.
Objek sudah berbentuk seperti lingkaran karna ini berbentuk tabung di lihat dari bagian atas, untuk memperpendek tingginya maka kita split tampilan objek blendernya. Sebelumnya untuk memperluas tampilannya sobat perbesar dulu dengan menutup bagian yang menampilkan background image dengan cara tekan T dan N pada keyboard, Selanjutnya untuk membelah tampilan dengan cara klik kanan pada garis tepi di bagian atas lalu pilih split (lihat pada gambar di bawah ini).
Jika sudah maka akan tampil seperti gambar di bawah ini.
Oke untuk sekarang tutorialnya sampa sini dahulu ya sob, untuk selanjutnya akan saya update pada esok hari pada bagian ke 2 maka kunjungi selalu jussblender.blogspot.com, jika ada kesusahan atau ada yang perlu di tanyakan silakan coment di bawah ya sob, karna saya menunggu comentnya hihihi...oke sampai jumpa besok..:)
Tutorial modeling Logo Blender di Blender 3D Level Mudah bagian 2
Sign up here with your email
ConversionConversion EmoticonEmoticon