6 Trik Blender 3D yang sangat berguna

Hi sobat, kembali lagi jussblender posting, pada kali ini akan memposting mengenai beberapa trik blender 3d yang sangat berguna jika sobat tahu, karna dengan trik - trik ini, sobat akan makin di permudah dalam penggunaan aplikasi blender 3D.

trik - trik ini bersumber dari website yang membahas mengenai blender, ya blenderguru.com, jika sobat ingin lebih banyak tahu mengenai bermacam - macam info, mungkin sobat bisa berkunjung ke webnya. Ok, kita masuk langsung ke trik - trik nya.

yang pertama

1.Sembunyikan semua objek kecuali yang di seleksi

Jika sobat sedang memiliki project yang besar, biasanya dalam satu tampilan terdapat banyak sekali objek, namun di saat itu sobat menginginkan mengedit salahsatu objek.

sobat pasti merasa kesulitan jika harus mengedit objek yang sobat inginkan karena letaknya di banyaknya objek, dengan trik ini sobat bisa menghide atau menyembunyikan objek - objek yang sobat tidak edit dengan cara.

Menyembunyikan atau Hide
Pilih atau seleksi objek yang sobat ingin edit, lalu klik Shift+H.

Menampilkan atau Unhide 
klik Alt+H.

cara menyembunyikan dan menampilkan objek

2. Empat tampilan jendela kerja Blender 3D
Jika sobat telah selesai membuat sebuah objek biasanya sobat ingin melihatnya dari berbagai tampilan, dari tampilan atas, bawah kanan, depan secara bersamaan. pasti sobat ingin mengaksesnya dengan cara cepat, dengan trik ini mungkin akan mempercepat sobat dalam membuat tampilan yang terlihat seperti yang sobat inginkan.

Mengubah jadi 4 jendela kerja
Ctrl+Alt+Q

Mengembalikannya ke 1 jendela kerja
Ctrl+Alt+Q

empat tampilan yang bisa di akses dengan  cepat

3. Menghapus Nodes dan mengkoneksikan kembali
Biasanya jika sobat menghapus sebuah nodes yang berada di tengah - tengah nodes lainnya maka garis penghubung antar node akan hilang dan tidak terkoneksi lagi secara otomatis, namun dengan menggunakan trik ini garis nodes akan terkoneksi kembali secara otomatis.

Cara menghapusnya
Ctrl+X


menghapus nodes dan reconect secara otomatis

4. Mengubah View menjadi Rendered dengan cepat
Setelah memodeling sebuah objek biasanya sobat ingin melihat hasil renderednya dengan secara keseluruhan, itu bisa di lakukan dengan cara merubah View dari Solid ke Rendered. Jika sobat menggunakan mouse akan membutuhkan beberapa detik namun dengan trik ini hanya sesekian detik saja.

Cara mengubahnya
Shift+Z


mengubah tampilan view ke rendered dengan cepat

 

5. Mengkoneksikan banyak nodes
Sobat terkadang membutuhkan cara cepat untuk mengkoneksikan banyak nodes dengan cepat, pastinya untuk menghemat waktu. Dengan menggunakan cara manual untuk mengkoneksikan banyak nodes di blender 3d pastinya membutuhkan waktu yang banyak namun dengan trik ini sobat bisa mengkoneksikan banyak nodes dengan cepat.


Cara mengkoneksikannya
-Lakukan blok pada semua node dengan klik kanan tahan pada mouse

-Lalu klik F pada keyboard

dengan memblok semua node lalu tekan F pada keyboard semua node otomatis terkonesi

6. Warp Tool
Saat menggerakan objek untuk modeling biasanya untuk membengkokkan atau mengarahkan menjadi sebuah lingkaran pastinya akan sangat sulit, namun dengan trik ini sobat pasti akan merasa itu hal yang mudah.

Cara melakukannya
-Lakukan blok pada semua objek dengan klik kanan tahan pada mouse dan arahkan kursor kesuatu titik.

-Lalu Shift+W pada keyboard dan lakukan sesuka hati.

menggunakan warptool pada objek dengan kursor
 oke sobat sampai di sini dulu trik - trik blender 3dnya, jika nanti ada yang saya ketahui lagi akan saya bahas dan posting kembali mengenai trik - trik ini.sampai jumpa di postingan jussblender berikutnya, kalau ada yang ingin sobat tanyakan silakan koment di bawah ya.
Previous
Next Post »