cara membuat emission pada object blender 3D

Hi sobat, jussblender kembali lagi, kali ini jussblender akan memposting mengenai emission pada objek blender 3d. Tujuannya untuk membuat objek bercahaya, atau seperti lampu.

Jadi nanti sobat bisa terapkan untuk membuat hiasan seperti lampu, atau untuk objek yang membutuhkan cahaya di dalamnya.


oke sobat kita masuk saja ke cara pembuatannya di bawah ini:

  • Persiapan
Melakukan persiapan seperti biasa kita buka dahulu aplikasi Blender 3D, lalu sobat tentukan objek yang ingin di gunakan bercahaya, pada tutorial ini saya menggunakan objek cube untuk menjadi bercahaya. setelah pemilihan objek yang sobat akan gunakan, selanjutnya tambahkan objek plan untuk alas pada objek. ini digunakan untuk mengetahui ada cahaya dan dapat memantulkan cahaya, sampai sini persiapan selesai.
  • Memulai Tutorial
Setelah melakukan persiapan, selanjutnya sobat bisa memulai tutorial ini,  pertama lakukan  pemberian warna pada objek yang akan menjadi warna cahaya, sobat bisa mengubah warna pada bagian material, lihat gambar di bawah ini.

pemberian warna pada objek

setelah sobat mengatur warna seperti ditunjukan pada nomer 1, sobat perhatikan nomor 2 pada gambar di atas, ubah menjadi angka 1.

selanjutnya sobat  scroll ke bawah sedikit dan ubah bagian Specular yang di tunjukan nomor 1 pada gambar di bawah ini menjadi 0 dan sobat bisa ubah juga pada Shading yang di tunjukan pada nomer 2 pada gambar di bawah ini menjadi 2.

setting specular dan shading

jika sudah melakukan tahap di atas, sobat bisa hapus seluruh objek lamp yang ada, ini dilakukan agar objek emission dapat terlihat. setlah menghapus objek lamp, sobat bisa lanjutkan dengan memilih world  pada  Outliner yang ada di kanan atas, dan pilih World lagi pada bagian bawah Outliner. 

setelah muncul bagian properties dari world,  sobat scroll ke bawah dan check bagian Indirect Lighting,  setelah itu scroll lagi kebawah, pada bagian Gather sobat pilih Approximate, lalu set bagian Pass pada Sampling menjadi 3. Jika sobat sudah melakukan langkah - langkah di atas maka sobat bisa melakukan test dengan cara rendering menggunakan F12. hasilnya akan seperti gambar di bawah ini.

hasil tutorial emmision

hasil dari tutorial ini bisa di download di bawah ini:
Download disini file latihan emission.

selesai membuat emission pada object blender 3D, ok sampai disini dulu ya sob , trimakasih sudah berkunjung, sampai jumpa di postingan jussblender berikutnya, kalau ada yang inginsobat  tanyakan silakan sobat bisa koment di bawah ya.
Previous
Next Post »