Cara mewarnai objek pada aplikasi Blender 3D [Teknik Dasar]

Kembali lagi setelah sekian lamanya juss blender tidak posting, maklum kalau lama updatenya. oke kali ini saya akan memberikan tutorial dasar lagi yaitu mengenai pewarnaan objek pada blender.

namun pada tutorial kali ini jangan berharap lebih ya, karna ini adalah dasar pewarnaan objek jadi ini hanya dasar, tidak memerlukan seperti mapping atau texturing dan teknik lainnya, sekali lagi ini hanya dasar  saja...:)



oke kita mulai saja, pertama buka dulu aplikasi Blender 3Dnya.

setelah di buka lalu klik Tab , lalu klik A pada keyboard, dan klik face select seperti paa gambar di bawah ini.





ini untuk memudahkan dalam memilih sisi yang akan diwarnai, selanjutnya setelah di klik Face select nya, pilih sisi yang akan di warnai dengan klik kanan pada mouse. setelah memilih sisi yang akan diwarnai, perhatikan bagian kanan pada jendela blender 3D, pilih Material seperti gambar di bawah ini.


selanjutnya pada bagian material klik tanda tambah seperti pada gambar berikut.




setelah di klik maka akan menambahkan material baru, namun semua toolsnya akan tampil setelah klik tombol New seperti pada gambar berikut. 




jika sudah tampil tools nya. selanjutnya perhatikan bagian Diffuse dan Specular klik kiri bagian yang berwarna putih dan ubah warna sesuai keinginan, dengan memperhatikan Diffuse sebagai warna dasar dan Specular cahaya yang di tampilkan, perhatikan gambar berikut.




setelah sudah memastikan warna yang sesuai selanjutnya klik Assign, untuk menerapkan warna, maka objek akan berubah warnanya seperti pada gambar berikut.


selesai untuk mewarnai objek dengan teknik dasar, ok sampai disini dulu ya postingannya, trimakasih sudah berkunjung, sampaijumpa di postingan jussblender berikutnya, kalau ada yang ingin di tanyakan silakan koment di bawah ya..:)
Previous
Next Post »