Tutorial modeling Logo Blender di Blender 3D Level Mudah bagian 3

Hi semuana kembali lagi di blog saya JussBlender, ok ini adalah bagian terakhir dari Tutorial modeling Logo Blender, Pada posting sebelumnya Tutorial modeling Logo Blender di Blender 3D Level Mudah bagian 2 kita sudah sampai pada tahap pengeditan Vertek-vertek dari objek logo blender tersebut, pada tutorial bagian 3 ini kita akan membuat objek menjadi lebih bagus, dengan pewarnaan objek, teknik smooth dan subdivision surface.

ok kita mulai saja, dari yang seblumnya kita sampai pada tahap pengeditan menjadi seperti ini.


Jika sudah seperti pada gambar di atas selanjutnya kita akan mulai mewarnai. Cara mewarnainya   pertama sobat mengubah dulu ke tampilan objek solid dengan menekan Z, lalu pada bagian Properties yang adai sebelah Kanan, scroll pada pilihan yang ada di atas hingga menemukan bagian material.


Klik New maka akan tampil seperti berikut ini.




Jika sudah di bawah defuse ada kotak berwarna putih, klik kiri lalu pilih tab Hex isikan E77E2E pada kolom yang tersedia, jika sudah maka objek akan berwarna seperti berikut.



Jika sudah tampil seperti di atas arahkan kembali kursor ke objek yang ada di kiri, lalu klik kananpada objek, selanjutnya tekan Tab pada keyboard untuk membuat objek menjadi bisa di edit kembali, selanjutnya tekan A untuk menonaktifkan vertek, tekan Z lalu tekan C dan pilih objek yang ada di tengah logo blender aktif kan beberapa vertek seperti pada gambar berikut.





Setelah sobat sudah melakukan hal seperti dia tas selanjutnya sobat ke bagian properties yang ada di kanan dan pada bagian Material, klik tanda tambah yang ada di bagian material untuk menambahkan material baru atau warna baru, klik New. Setelah itu lakukan seperti di atas dengan mengkilk bagian kotak putih kecil di bawah Diffuse, selanjutnya isikan pada bagian Hex 1B3FE2, maka setelah pada bagian kanan di klik kiri lalu tekan Z dan A akan tampil seperti pada gambar di bawah ini.


pada permukaan di atas objek masih berbenuk kotak-kotak kita bisa membuatnya menjadi halus dengan cara di smooth dan sub division surface, pertama yang kita lakukan adalah yang paling mudah dulu yaitu di smooth, caranya tekan T pada keyboard maka akan tampil bagian Tool Shelf, setelah tampil selanjutnya pada tab Tool scrool ke bawah untuk menemukan bagian Shading, setelah itu klik Smooth.


Jika sudah maka kita lanjut saja ke bagian subdivision surface, caranya adalah kita ke bagian proprties yang ada di kanan, pada bagian atas pilih Modifiers lalu klik pada Add modifiers, scroll kebawah untuk menacari subdivision surface.


Jika sudah maka akan tampil bagian Subdivision Surface pada bagian properties, selanjutnya atur bagian Render dan View menjadi 2 seperti pada gambar di bawah ini.


Oke sampai sini kita sudah selesai, selajutnya kita tinggal merender gambar. Sebelum merender sebaiknya agar keliatan luas kita tutp dulu bagian Tool Shelf dengan tekan T pada keyboard, lalu join ke dua jendela blender, dengan klik kanan  pada garis tengah pilih join dan arahkan ke kanan lalu klik kiri.



Jika sudah selanjutnya kita bisa merendernya dengan cara klik Render dan pilih Render Image, atau bisa dengan udah menggunakan kebard dengan menekan F12, jika sudah maka akan tampil seperti di bawah ini.


Selamat hasil modeling logo sudah jadi setelah menempuh beberapa step, akhirnya selesai dibuat.

Oke untuk selanjutnya saya akan membuat tutorial-tutorial lagi maka tunggu saja ya di jussblender.blogspot.com. jika ingin menyebarkan tutorial ini dan atau menggunakan gambarnya harap cantumkan nama blog pembuat. Jika sobat suka dengan tutorial ini like fanpagenya atau jika ada yang kurang atau ingin di tanyakan koment ya, ditunggu lho komentnya. Oke sampai jumpa di tulisan saya yang berikutnya :) .

yang ingin mendownload file latihan dan PDFnya silakan download di bawah ini:
Download file latihan Logoblender.blend.zip
Download Ebook ini disini [password:jussblender] 
Previous
Next Post »